PERANGKAT PEMBELAJARAN ETNOMATEMATIKA CANDI PRAMBANAN

Tidak jarang cerita tentang kebudayaan Indonesia hanya dipelajari dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Padahal budaya juga dapat dipelajari melalui matematika diantaranya objek budaya yang dapat digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran matematika khususnya materi geometri, yaitu candi Prambanan. Melalui budaya yang ada pada candi Prambanan akan dapat memberikan wawasan pembelajaran berbasis etnomatematika. Hal tersebut menjadikan konsep-konsep matematika yang abstrak dapat dimengerti peserta didik melalui benda-benda konkrit.

Etnomatematika pada Candi Prambanan banyak sekali hal yang unik untuk dikaji, khususnya pada bentuk bangunananya yang banyak mengandung unsur Geometri. Hal-hal yang unik tersebut terlihat dari bagian-bagian dari Candi Prambanan. Yang pertama bentuk Relief dari Candi Prambanan, yang kedua dari prasasi Candi Prambanan, yang ketiga dari stupa Candi Prambanan, yang keempat Arca Roro Jonggrang Candi Prambanan. Bagian-bagian tersebut memiliki potensi dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika yang inovatif dikarenakan Candi Prambanan lekat sekali dengan Masyarakat, dan merupakan pembelajaran yang kontekstual. Didalamnya mengandung berbagai konsep-konsep pembelajaran matematika diataranya adalah pembelajaran transformasi geometri, khusunya pada materi translasi untuk jenjang SMP. Berikut saya lampirkan contoh perangkat pembelajaran (RPP & LKS berbasis etnomatematika Candi Prambanan) semoga dapat bermanfaat.

LKPD_Tri Wahyu Nurjanah_15301241010

RPP_Tri Wahyu Nurjanah_15301241010

Identifikasi Objek Etnomatematika pada Candi Prambanan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

+ 77 = 83