PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA INOVATIF BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNY

Pembelajaran Matematika tidak jarang membuat peserta didik berinteraksi dengan angka dan simbol yang bersifat abstrak. Hal ini sering mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam memahami matematika ditambah lagi dengan motivasi yang kurang dari peserta didik. Maka dari itu, perlu adanya inovasi dalam pembelajaran matematika yang membantu peserta didik dalam memahami matematika. Untuk mengatasi masalah di atas diperlukan suatu pembelajaran yang dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami konsep matematika sehingga kemampuan koneksi matematika peserta didik lebih meningkat.

Salah satu perbaikan dalam proses pembelajaran khususnya dalam meningkatkan proses berpikir atau bernalar peserta didik, memecahkan masalah dan berargumen serta komunikasi, pembelajaran berbasis etnomatematika yaitu ilmu yang digunakan untuk memahami bagaimana adaptasi budaya menjadi matematika dapat menjadi solusi alternatif guna proses perbaikan pembelajaran. Jadi, etnomatematika berfungsi untuk mengekspresikan hubungan antara budaya dan matematika.

Etnomatematika adalah salah satu mata kuliah dengan beberapa materi pokok yang dikembangkan oleh Prof. Dr. Marsigit, MA. untuk meningkatkan kompetensi Mahasiswa Pendidikan Matematika sebagai bekal menjadi calon guru. Tujuan pembelajarannya adalah untuk memfasilitasi Mahasiswa sehingga dapat mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis etnomatematika. Salah satu bentuk upaya memfasilitasi Mahasiswa, Prof. Dr. Marsigit, MA. memberikan tugas untuk melakukan observasi ke berbagai situs cagar budaya seperti Candi Prambanan, Candi Borobudur, dan Keraton Yogyakarta maupun situs budaya yang ada di daerah masing-masing. Mahasiswa diminta untuk mengidentifikasi unsur-unsur budaya yang dapat digunakan untuk membelajarkan matematika di Sekolah. Kemudian Mahasiswa diminta untuk membuat perangkat pembelajaran dari hasil observasi tersebut. Setelah itu, Mahasiswa melakukan praktek mengajar menggunakan perangkat pembelajaran yang sudah dibuat.

Selain memfasilitasi Mahasiswa untuk dapat mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis matematika, Prof. Dr. Marsigit, MA. juga memfasilitasi Mahasiswa utuk dapat membuka diri melihat proses pembelajaran di luar negeri melalui berbagai kegiatan lesson study. Selain itu, beliau juga memfasilitasi Mahasiswa untuk mengembangkan dimensi diri melalui artikel-artikel di dalam blog beliau yang sejalan dengan isu-isu dan permasalahan pendidikan matematika saat ini.Beberapa persepsi mahasiswa yang mengikuti kuliah Etnomatematika terhadap pengembangan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika, diantaranya : Mahasiswa merasa memperoleh pengetahuan baru tentang pembelajaran matematika, Mahasiswa merasa lebih mampu memfasilitasi belajar peserta didik yang mempunyai beraneka ragam, Mahasiswa merasa senang karena dapat mengembangkan pembelajaran matematika yang inovatif, Mahasiswa merasa lebih termotivasi untuk mengembangkan berbagai media pembelajaran. Akan tetapi, untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran matematika berbasis etnomatematika, memerlukan waktu yang lebih lama dan energi yang lebih banyak.

Berikut ini beberapa link terkait tulisan-tulisan Prof. Dr. Marsigit, MA.

https://uny.academia.edu/MarsigitHrd
https://powermathematics.blogspot.co.id/
http://staff.uny.ac.id/dosen/prof-dr-marsigit-ma

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

96 − = 91